Selasa, 13 Februari 2018

Cara Membuka Casing Belakang Dan Mengganti Baterai Oppo A83

Sebelumnya Elppas sudah membahas spesifikasi dan review Oppo A83, juga sudah unboxing melihat apa saja isi dalam kotak penjualan Oppo A83.

Kali ini Elppas akan bahas cara membuka casing belakang, dan juga cara mengganti baterai Oppo A83.

Ganti baterai mungkin perlu kau lakukan sehabis pemakaian satu tahun lebih. Kalau belum saatnya ya tak ada salahnya kita lihat jeroan Oppo A83 menyerupai apa kalau dibongkar.

Ganti Baterai Oppo A83 di Service Center atau Sendiri?


Jika kau gak mau ribet mungkin sanggup tanya ke Oppo Service Center untuk penggantian baterai, tinggal bawa uang aja yang cukup, mungkin biaya service/ganti baterai sekitar Rp. 300rb - 500rb. Kamu sanggup mampu jaminan baterai Oppo original dan juga layanan penggantian baterai oleh teknisi Oppo.

Jika kau suka ngoprek mungkin sanggup ganti baterai sendiri. Baterai sanggup dibeli di marketplace (bukalapak/tokopedia). Dan tools kit untuk bongkar juga ada di tokopedia.com/elppastore. Harga baterai dan tools kit mungkin total sekitar Rp. 200rb-an. Namun baterai di marketplace tidak menjamin keasliannya.

Berikut spesifikasi baterai Oppo A83 kalau kau mau beli di luar Service Center Oppo:


  • Jenis: Li-ion Polymer Battery
  • Model: BLP649
  • Charge Voltage: 4.4Vdc
  • Rated Capacity: 3090mAh/11.90Wh
  • Normal Voltage: 3.85Vdc
  • Typical Capacity: 3180mAh/12.24Wh

Langkah 1: Matikan dan Keluarkan SIM Card Oppo A83


Sebelum membongkar tentu hal pertama ialah matikan (turn off) dulu ponselnya dengan menekan tombol power beberapa detik.

Setelah smartphone mati kemudian kau harus mengeluarkan dulu SIM card tray holder-nya dengan memakai SIM ejector yang diberikan di paket penjualan..


Langkah 2: Membuka Casing Belakang Oppo A83


Setelah itu, silahkan buka casing belakang (backcover) dengan memakai opening pick/pring tool atau plastik dengan ujung tipis.. congkel di bab pinggir diantara LCD assembly dengan bezel casing menyerupai pada foto dibawah ini..


Sisir ke seluruh bab hingga casing belakang terbuka..


Setelah terbuk, kau sanggup melihat baterainya, tapi belum sanggup eksklusif dibuka..

Langkah 3: Membuka dan Mengganti Baterai Oppo A83


Sebelum membuka baterai, kau perlu melepaskan silikon pelindung, gunakan pinset untuk membukanya.. silikon melekat dengan lem ke mid-frame, hati-hati jangan hingga sobek..


Selanjutnya congkel sebuah plat yang berada di bawah silikon epilog tadi dengan memakai pry tool atau plastik tipis.. congkel hingga terangkat dan kemudian geser kebawah untuk melepaskannya..



Selanjutnya, ada plat yang ada tanda panahnya yang sanggup dibuka dengan cara menekan dan menggesernya sesuai arah tanda panah..


Dibawah plat itu ada konektor baterai, silahkan dibuka, dicongkel dengan pry tool atau kuku..


Setelah konektor baterainya dilepaskan, kau sanggup membuka baterainya dengan cara menarik pull-tab berwarna hijau di bab sisi baterai..


Tarik perlahan dan hati-hati hingga baterai terbuka..


Setelah baterai terbuka silahkan ganti dengan yang baru. Jangan lupa tes nyala dulu sebelum dipasang semuanya.

Untuk lebih detailnya sanggup lihat video disassembly (bongkar total) Oppo A83 berikut ini..


Pictures & Video Source: Mr. Mobile Phone Disassembly

Good luck, supaya bermanfaat. Disclaimer: Take your own risk! 

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com