Jumat, 12 Mei 2017

Ganti Hdd Ke Ssd Dan Upgrade Ram Laptop Acer Aspire Z3-451 Tingkatkan Performa

Penasaran dengan kecepatan SSD (Solid State Drive) yang katanya dapat meningkatkan performa PC secara cukup signifikan, kesannya saya beranikan ganti Harddisk WD 500GB bawaan Acer Aspier Z3-451 ke SSD Samsung EVO 840 120GB.

Sebelum ganti ke SSD, supaya sistem operasi tetap tidak harus install ulang lagi, saya cloning dulu OS nya ke SSD dengan memakai aplikasi Samsung Data Migration. Caranya praktis tampaknya tidak perlu tutorial, atau silahkan googling untuk tutorialnya.

Setelah sistem ter-cloning ke SSD gres siapkan tools kit untuk bongkar:
1. Obeng + ukuran 3.0mm
2. Claber/pick gitar
* Obeng dan tools kitnya dapat beli di elppastore.com

Video



Disassembly


Buka semua skrup di bab belakang body laptop.. ini praktis jadi gak perlu dijelaskan lagi.

Selanjutnya, bab yang agak susah, perlu cukup tenaga, tapi juga harus hati-hati, yakni mencongkel back cover laptop.



Saya memakai Claber/pick gitar, (atau silahkan gunakan benda tipis tapi berpengaruh lainnya) untuk mencongkel cover belakang laptop alasannya selain di skrup juga masih "terkait" ke body.

Saya congkel dari bab pojok depan (kiri/kanan gak masalah) dulu, kemudian pinggir, dan terakhir belakang. Jujur ini agak susah buat saya, hingga suara "krek-krek" takut patah tapi kesannya dapat kebuka juga.

Ganti Harddisk Acer Aspier Z3-451


Cara buka HDD nya praktis banget tinggal dorong/geser aja gak pake skrup atau pengait apapun. Perhatikan foto:



Selanjutnya tinggal pasang SSD-nya juga sama gampangnya, tinggal hati-hati aja supaya tidak merusak komponen.

Setelah terpasang dengan benar coba tes nyalakan laptop dulu apakah SSD sudah terdeteksi sebelum di skrup lagi back cover nya.

Upgrade RAM


Kalau yang ini bahwasanya belum saya coba, alasannya belum ada dana :)

Untuk cara pasangnya saya yakin praktis tidak perlu tutorial mendetail.

Cuma yang perlu diperhatikan, pertama, hanya terlihat satu slot RAM saja di bab belakang. Entah dimana slot satunya lagi. Makara ini memang mungkin lebih praktis upgrade RAM daripada ganti RAM.

Selain itu perlu diperhatikan juga spesifikasi RAM bawaannya, dapat di cek memakai software CPU-Z, supaya beli RAM nya yang sama atau compatible.


Dari isu CPU-Z dapat kita lihat bahwa RAM bawaan mempunyai spesifikasi:
  • DDR3 4GB
  • DDR3L alias Low Voltage 1,35V bukan yang 1,5V
  • PC3-12800
  • Manufactur Samsung
Makara sebaiknya beli yang sepsifikasinya sama. Rencana saya mau upgrade/tambah 4GB lagi dengan spesifikasi yang sama (sukur kalau dapat nemu brand sama, tapi walaupun brand berbeda saya kira gak masalah) semoga dual channel.

Assembly


Memasang kembali back cover tidak susah-susah amat, hanya saja yang perlu diperhatikan dikala pemasangan di bab pinggir kiri-kanan alasannya ada port-port USB dan lainnya jangan hingga tertekan dan patah. Itu saja.

Peningkatan Performa


Setelah mengganti HDD dengan SSD, apa yang saya rasakan cukup terasa dikala booting Windows, copy-paste dan membuka aplikasi terasa jauh lebih cepat dibandingkan dengan dikala memakai HDD.

SSD juga lebih tenang dan lebih ringan dari HDD. Silahkan coba sendiri, niscaya bakal betah pakai SSD dan males balik ke HDD.

Kekurangannya hanya saja harga yang masih jauh lebih mahal.

Sementara untuk upgrade RAM bahwasanya tidak akan meningkatkan performa selama kebutuhan RAM yang dipakai dibawah 4GB, jadi hanya akan terasa jikalau membuka aplikasi-aplikasi yang rakus RAM ibarat game-game berat yang membutuhkan RAM diatas 4GB.

Selain itu tampaknya sudah tidak dapat upgrade untuk meningkatkan performa alasannya processor dan vga laptop ini tidak dapat diupgrade.

OK, segitu aja, semoga bermanfaat buat para pengguna laptop Acer Aspire Z3-451.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com