Senin, 09 Oktober 2017

Usb Charger Doctor: Apa Dan Kenapa Penguna Ponsel Berakal Harus Punya Ini

Apa itu Charger Doctor USB?


Charger Doctor USB atau USB Charger Tester atau Current Voltage and Ampere Meter yaitu sebuah alat untuk mengukur tegangan (volt) dan arus (ampere) pada sebuah Charger/power adapter dengan output USB.

Charger Doctor
Sebenarnya ada beberapa jenis alat pengukur Voltage & Ampere. Di foto itu yang aku punya dan aku gunakan. Spesifikasi nya masih jadul:
  • Voltage range: 3.5V-7.5V
  • Ampere range" 0A-3A
Catatan: Apabila menampilkan voltase 7.49V berarti itu sanggup jadi diatas 7.5V sanggup 9V atau 12V pada ketika mengukur charger Quick Charge. Yang model barunya sanggup hingga 10A. Atau mungkin juga ada yang lebih elok lagi dari charger doctor jenis ini.

Berikut foto ketika ngecas dengan charger dan HP yang mendukung Quick Charge


Saat ngecas kita sanggup tahu output voltase Charger.


Dan juga seberapa besar Ampere yang disalurkan.

Fungsi Charger Doctor


Fungsi alat tersebut ya hanya menampilkan Voltase dan Ampere secara bergantian ketika kita sedang ngecas. Alat tersebut kita pasang menyerupai pada foto (Power Adapter > Charger Doctor > Kabel Data > Smartphone/perangkat lain), kemudian akan menampilkan voltase dan ampere secara bergantian dan dinamis (naik turun angkanya).

Dari data yang ditampilkan oleh alat tersebut kita sanggup mendiagnosa apabila terjadi duduk masalah pada ketika ngecas. Kita sanggup tahu kerusakan atau kejanggalan baik pada charger maupun pada kabel. Alat ini sanggup digunakan ke semua slot USB, jadi bukan hanya charger HP, tapi sanggup ke port laptop, dll.

Contoh Kasus

Beberapa masalah yang pernah aku alami diantaranya:

Charger ori normal. Biasanya untuk charger ori, normal, dan bagus, voltase nya itu cenderung stabil. Pada ketika kita tes dengan charger doctor akan menampilkan voltase yang naik turun-nya tidak terlalu jauh, misal charger 5V maka akan menampilkan antara 4.9V 5.05V, gejolaknya hanya sedikit.

Charger KW tanpa perlindungan lonjakan tegangan. Waktu itu aku pernah memakai charger iPhone KW, kata penjualnya sih original. Memang secara fisik sangat menyerupai dengan ori tapi ketika aku tes pake Charger Doctor voltasenya naik-turun sangat jauh kadang naik hingga 5.4V. Charger yang naik turunnya terlalu besar ini sanggup jadi alasannya yaitu tidak ada over voltage protection didalamnya.

Kabel KW abal-abal memperlambat ngecas. Ini bermanfaat juga untuk menguji kualitas kabel data. Ada kabel data yang murah tapi bagus, yang sanggup menyalurkan ampere yang besarnya sama dengan kabel ori bawaan. Tetapi ada juga kabel abal-abal asal murah yang menyalurkan ampere lebih rendah dari kabel ori bawaan. Itu menciptakan ngecas jadi tambah lama.

Ngecas dengan charger Ampere besar akan mempercepat pengisian baterai? Belum tentu! Ya ada sebagian orang beranggapan bahwa jikalau ngecas dengan charger yang ampere-nya lebih besar maka pengisian baterai akan lebih cepat. Ternyata tidak benar sepenuhnya, hal itu tergantung si HP nya juga, jikalau HP nya hanya mendukung 1A maka charger 2A tidak akan mempercepat pengisian baterainya.



Ngecas dari Laptop/PC lebih lambat. Ya ternyata dengan alat ini sanggup kita lihat bahwa ampere yang dikeluarkan dari port USB laptop/PC ternyata maksimal hanya 0.5A, makanya akan lambat ngecasnya.


Deteksi Fast Charging. Dengan alat ini kita juga sanggup melihat fast charging ketika aktif. Untuk Quick Charge itu biasanya terlihat voltase diatas 5V, sanggup 9V hingga 12V. Atau Dash Charge dengan ampere yang sanggup mencapai 3A hingga 5A.

Charger mati atau Kabel rusak. Kita juga sanggup tahu ketika HP tidak mau mengisi pada ketika kabel dan charger sudah dicolok. Kalau charger rusak/mati biasanya tidak nyala charger doctor ketika dicolok ke charger. Kalau kabelnya yang mati/rusak biasanya charger doctor nyala dan menampilkan voltase normal, tapi ampere 0. Tapi jikalau kabel dicolok ke HP lain normal, sanggup jadi HP nya yang rusak.

dll.. silahkan eksplor sendiri..

Kesimpulan


Makara fungsi utama dari charge doctor yaitu alat bantu untuk mendiagnosa duduk masalah charger. Cocok untuk para teknisi. Tapi bagi pengguna biasa menyerupai aku sih asik juga sanggup menambah banyak ilmu, jadi tau mana power adapter/kabel yang elok dan mana yang harus dihindari untuk keselamatan dan keawetan perangkat mobile kita.

Nah itulah sekilas tengang USB Charger Doctor, kini Anda sudah faham kenapa pengguna ponsel pintar/perangkat mobile harus punya alat ini. Alat kecil dan sederhana ini banyak manfaatnya, harganya juga murah hanya sekitar Rp. 50rb, jadi layak untuk dibeli.

0 komentar:

Posting Komentar

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com